Peresmian Pusdiklat Abhidhamma Nusantara

18 Jun 2023

Peresmian Pusdiklat Abhidhamma Nusantara

Dhammavihari Buddhist Studies (Minggu, 18 Juni 2023) - dengan penuh sukacita mengadakan acara peresmian "Pusdiklat Abhidhamma Nusantara" sebagai pelopor pusat pembelajaran Abhidhamma di Indonesia.

Semangat dan kegigihan—Ashin Kheminda (Spiritual Patron DBS), Ibu Silvia Rimba (Ketua Yayasan Dhammavihari) beserta tim membawa terwujudnya Pusdiklat Abhidhamma Nusantara hingga berhasil terdaftar dan memiliki izin operasional No.003/Izin-Ops.Keag.Buddha/2023 dari Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Buddha, Kementerian Agama Republik indonesia untuk mengadakan kursus Abhidhamma berjenjang secara resmi.

"Ini adalah hari yang bersejarah, karena salah satu dari impian saya akhirnya terwujud..." "Saya tidak menyangka bahwa setelah 12 tahun akhirnya kita sampai di hari ini. Dengan dukungan pemerintah yang penuh, kita diizinkan untuk menyelenggarakan Pusdiklat Abhidhamma Nusantara. Mudah-mudahan harapan saya ini menjadi embrio untuk lembaga sertifikasi bagi semua guru Abhidhamma di Indonesia," ungkap Ashin Kheminda dalam kata sambutan beliau.

Dukungan dan apresiasi pun datang dari banyak pihak yang turut menyampaikan sukacita dan aspirasi saat acara peresmian tersebut yang mana dihadiri oleh Bapak Nyoman Suriadarma, S.Pd.,M.Pd., M.Pd.B. (Direktur Urusan Agama Buddha), Bapak Sayit Aryaputta, S.H., S.Ag., M.H. (Kasubdit Pendidikan Tinggi), Bapak Suliarna, S.Ag., M.Pd. (Pembimas D.K.I) dan Bapak Jasman, S.Ag. (Penyelenggara Jakbar), serta turut hadir H.E. Mr. Aung Myo Myint (Myanmar Ambassador to ASEAN) dan Ms. Phyu Phyu Soe (Chargé d'affaires Of Myanmar Embassy in Indonesia).

"Kami hadir lengkap di sini. Ini artinya kami dukung penuh berdirinya Pusdiklat Abhidhamma Nusantara..." "Saya ingin mengatakan bahwa ini adalah satu tonggak agama Buddha itu akan lestari, bukan saja di nusantara tapi di dunia," ungkap Bapak Nyoman Suriadarma, S.Pd.,M.Pd., M.Pd.B. selaku Direktur Urusan Agama Buddha saat menyampaikan kata sambutan.

Disamping itu, rangkaian acara ini pun diisi dengan penyerahan sertifikat kelulusan kepada 28 peserta ujian Abhidhamma Level 1 dan 15 peserta ujian Abhidhamma Level 2 tahun 2022; kemudian penyerahan "medali emas (gold medallist)" kepada peringkat pertama yaitu, sdri. Vita Oktavera (Level 1) & sdr. Pranoto Djojohadi K. (Level 2) oleh H.E. Mr. Aung Myo Myint (Myanmar Ambassador to ASEAN) dan Ibu Silvia Rimba (Ketua Yayasan Dhammavihari), serta turut mendampingi Bapak Nyoman Suriadarma, S.Pd., M.Pd.,M.Pd.B. (Direktur Urusan Agama Buddha).

H.E. Mr. Aung Myo Myint (Myanmar Ambassador to ASEAN) menyampaikan apresiasi beliau kepada peserta ujian Abhidhamma dalam kata sambutan beliau bahwa "We are very much proud..." "I believe your achievement today is solid fondation to understand the teaching of Buddha..." "Most important thing is, by applied this Abhidhamma, everyone can lead balance and peaceful life." Turut memberikan apresiasi, Sayarma Kyi Kyi Nyien (Guru Abhidhamma Exam Preparation Class Level 1,2,3) kepada para peserta yang terus semangat mengikuti kelas hingga berhasil menyelesaikan ujian Abhidhamma dengan hasil memuaskan.

Selanjutnya Pusdiklat Abhidhamma Nusantara akan memulai kursus Abhidhamma perdana pada 21 Juli 2023. Kursus Abhidhamma ini diadakan secara hybrid (online & onsite) yang dibimbing langsung oleh Ashin Kheminda, serta Bapak Kadek Yudi Murdhana M.A (B.Dh) selaku pengajar dan sekaligus ketua Pusdiklat Abhidhamma Nusantara. Terhitung 1200 lebih peserta telah mendaftar untuk mengikuti kursus dan kami berharap semakin banyak pembelajar yang ikut bergabung kedepannya.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan penuh atas terwujudnya Pusdiklat Abhidhamma Nusantara ini. Semoga dengan diresmikannya Pusdiklat Abhidhamma Nusantara, ajaran Buddha semakin berkembang dan lestari di bumi Nusantara.

Buddhasāsanaṃ ciraṃ tiṭṭhatu. Sādhu sādhu sādhu.

Posting Serupa